RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
(NAMA MATA KULIAH)
( Nama Dosen 1 )
( Nama Dosen 2 )
( Nama Dosen 3 )
PROGRAM STUDI …………………………………………….
FAKULTAS ……………………………………………………..
UNIVERSITAS JABAL GHAFUR
(Tahun)
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah : …………………… Semester : ….. Kode : ….. SKS : ….
Program Studi : ……………………. Dosen : 1) …………….
aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa2) ……………..
aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa3) ……………..
Capaian Pembelajaran Program Studi (CPL) :
- (Contoh) Mengevaluasi hubungan struktur materi dengan sifat-sifat dinamis, kereaktifan, energi dan fungsi dalam berbagai perubahan kimia;
- …………………………………………………………….
- ………………………………………………………………….
(Cat: dapat dituliskan kodifikasi dari aspek Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, Pengetahuan)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK) :
- (Contoh) Dapat menganalisis struktur molekul kimia berbasis aplikasi dasar-dasar spektroskopi molekul;
- …………………………………………………………….
- ……………………………………………………………..
Kriteria Penilaian :
Nomor | Nilai Angka | Nilai Huruf |
1 | ≥87 | A |
2 | 69 – <87 | B |
3 | 51 – <69 | C |
4 | 33 – <51 | D |
5 | <33 | E |
Item Penilaian : Sikap : 20%
(Contoh) Keterampilan : 20%
aaaaaaaaaaaaaaaKuis : 15%
aaaaaaaaaaaaaaaUTS : 22,5%
aaaaaaaaaaaaaaaUAS : 22,5%
aaaaaaaaaaaaaaaTotal : 100%
JADWAL, URAIAN MATERI DAN KEGIATAN PERKULIAHAN.
RPS minimal memuat komponen-komponen berikut ini : (Sesuai SNPT No 44 Tahun 2015)
Minggu Ke- | Kemampuan Akhir Yang Diharapkan |
Bahan Kajian (Materi Pelajaran) |
Strategi Pembelajaran/Metode Pembelajaran | Waktu Belajar | Pengalaman Belajar Mahasiswa |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Bobot Nilai |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) |
(Contoh) |
Menganalisis unsur simetri dalam suatu molekul dan menentukan kelompok titik senyawa | Simetri molekul, menentukan unsur simetri, menentukan kelompok titik senyawa |
Pendekatan: ketrampilan proses. Metode : diskusi kelompok, presentasi. Model : PBL. |
2 x 50 |
Mahasiswa berdiskusi kelompok dan melakukan simulasi dengan model struktur | Tes tertulis: Menganalisis unsur simetri dan menentukan kelompok titik senyawa, Ketrampilan: Ketepatan merangkai senyawa dengan media alami, Afektif: tepat waktu, tanggung jawab, kerjasama |
10% |
(Contoh) |
Mahasiswa mampu mendengarkan komunikasi non verbal dan memahami komunikasi berbeda budaya | Mendengarkan komunikasi non verbal dan beda budaya. Sub pokok bahasan: 1.Pengertian mendengarkan, memperdalam pendengaran, 2.Komunikasi dengan pesan non verbal, 3.Teknik untuk memperdalam komunikasi non verbal. |
Pendekatan: pemecahan masalah. Metode : diskusi presentasi, penugasan. Model : kooperatif. |
2 x 50 |
Mahasiswa melakukan kerja kelompok dan melakukan presentasi di depan kelompok lainnya | Tes tertulis. Keterampilan. Sikap: kerjasama. |
5% |
3 | |||||||
4 | |||||||
Dst | TOTAL | 100% |
Sumber Belajar/ Referensi
- Mary Ellen Guffe, Ksthleen Rhodes, Patricia Rogin (2010), Business Communication, Canadian Edition
- Mark Ridley. 1993. Evolusi. Blacwell Scientific Publications. London
- . …………………………………………………………………………………………..
- . …………………………………………………………………………………………..
- dst
(Cat: Referensi update 5 tahun terakhir )
Mengetahui, Sigli, ……………
Ketua Program Studi, Koordinator/ Penanggungjawab,
(Nama Lengkap) (Nama Lengkap)
NIP. NIP.
PETUNJUK PENGISIAN:
KETERANGAN | PENJELASAN ISIAN | |
Mata Kuliah | Isi dengan nama Mata Kuliah | |
Kode | isi dengan kode mata kuliah | |
SKS | diisi dengan besaran SKS | |
Program Studi | Diisi nama Program Studi | |
Dosen Pengampu | Diisi dengan nama dosen pengampu | |
Capaian Pembelajaran Prodi | Dipilih dari capaian pembelajaran program studi yang mencakup S (Sikap), Keterampilan Umum (KU), Pengetahuan (P) dan Keterampilan Khusus (KK) yang sesuai dengan mata kuliah yang diampu | |
Capaian Mata Kuliah | Capaian mata kuliah terdiri dari Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan. Setiap CPMK diberi kode M1 dst | |
NO KOLOM | JUDUL KOLOM | PENJELASAN ISIAN |
1 |
Minggu ke |
Menunjukkan kapan dan berapa lama suatu kegiatan dilaksanakan (≥1 minggu) |
2 |
Kemampuan akhir yang diharapkan |
Rumusan kemampuan dibidang kognitif, psikomotorik, dan afektif diusahakan lengkap dan utuh (hard skills & soft skills). Tingkat kemampuan harus menggambarkan level CP lulusan prodi, dan dapat mengacu pada konsep dari Anderson (*). Kemampuan yang dirumuskan di setiap tahap harus mengacu dan sejalan dengan CPL, serta secara komulatif diharapkan dapat memenuhi CPL yang dibebankan pada mata kuliah ini diakhir semester. |
3 |
Bahan Kajian |
Bisa diisi pokok bahasan /sub pokok bahasan, atau topik bahasan. (dengan asumsi tersedia diktat/modul ajar untuk setiap pokok bahasan) atau integrasi materi pembelajaran, atau isi dari modul. |
4 |
Bentuk Pembelajaran |
Dapat berupa : diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain,atau gabungan berbagai bentuk. |
5 |
Waktu |
Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran |
6 |
Pengalaman mahasiswa |
Kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa yang dirancang oleh dosen agar yang bersangkutan memiliki kemampuan yang telah ditetapkan (tugas, suvai, menyusun paper, melakukan praktek, studi banding, dsb.) |
7 |
Kriteria penilaian |
Kriteria Penilaian berdasarkan Penilaian Acuan Patokan mengandung prinsip edukatif, otentik,objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi. Indikator dapat menunjukkan pencapaian kemampuan yang dicanangkan, atau unsur kemampuan yang dinilai (bisa kualitatif misal ketepatan analisis, kerapian sajian, kreatifitas ide, kemampuan komunikasi, juga bisa juga yang kuantitatif : banyaknya kutipan acuan/unsur yang dibahas, kebenaran hitungan). |
8 |
Bobot penilaian |
Disesuaikan dengan waktu yang digunakan untuk membahas atau mengerjakan tugas, atau besarnya sumbangan suatu kemampuan terhadap pencapaian pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah ini. |