S1 – Teknik Informatika

Fakultas Teknik – Universitas Jabal Ghafur Sigli
Akreditasi Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer    Download
Status Program Studi Aktif
Kode Program Studi 55201
Tanggal Berdiri 20 Mei 1997
SK Penyelenggaraan 5301/D/T/K-I/2011
Tanggal SK 24-01-2011
Dekan
No. SK Pengangkatan
Tanggal SK Berlaku
Fitriyani, ST., M.T
151/S-Kep/VI/2022
14 Juni 2022 sampai 14 Juni 2026
Wakil Dekan
No. SK Pengangkatan
Tanggal SK Berlaku
Zufa Razi, S.Pd., M.Si
160/S-Kep/VI/2022
14 Juni 2022 sampai 14 Juni 2026
Ketua Program Studi
No. SK Pengangkatan
Tanggal SK Berlaku


Kepala SBAK
Staf SBAK
Staf Lab. Komputer
Nasrullah, ST
Irza Amelia, SE
Yusra Edia Saputra, ST
Website http://ft.unigha.ac.id
E-mail fteknik@unigha.ac.id
teknikinformatika@unigha.ac.id
Deskripsi Program Studi S1 Teknik Informatika merupakan salah satu Program Studi di lingkungan Universitas Jabal Ghafur. Universitas Jabal Ghafur merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur.

Program Studi S1 Teknik Informatika Univeritas Jabal Ghafur berusaha memenuhi kebutuhan profesional dan wirausahawan di bidang IT dengan menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi serta menguasai bidang IT. Karena demikian banyaknya kompetensi di bidang IT, Program Studi S1 Teknik Informatika Univeritas Jabal Ghafur berkonsentrasi untuk menghasilkan alumni yang memiliki kompetensi di bidang keamanan komputer, jaringan, basis data dan pemrograman.

Kompetensi Program Studi

Kompetensi di bidang Keamanan Jaringan, Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Jabal Ghafur berusaha untuk menghasilkan lulusan yang mampu membangun jaringan komputer untuk perusahaan berskala kecil, menengah dan besar serta dapat mengimplementasikan rancangan jaringan dan melakukan pemeliharaan terhadap jaringan komputer. lulusan Program Studi S1 Teknik Informatika diharapkan mampu menghasilkan jaringan komputer yang berkinerja tinggi, mudah dalam maintenance dan memiliki tingkat keamanan yang terjamin untuk kebutuhan operasional baik di perusahaan atau instansi pemerintahan.

Kompetensi di bidang Basis Data, Program Studi S1 Teknik Informatika berusaha menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan software dan sistem basis data untuk kebutuhan perekaman data yang berskala kecil, menengah dan besar, dengan menggunakan sistem manajemen basis data setingkat kalangan korporasi atau perusahaan besar. Lulusan Program Studi S1 Teknik Informatika diharapkan mampu menghasilkan perangkat lunak dan sistem basis data yang handal.

Kompetensi di bidang Pemrograman, Program Studi S1 Teknik Informatika berusaha untuk menghasilkan lulusan yang mampu merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak yang dapat melakukan simulasi dan implementasi terhadap berbagai hal dalam kehidupan nyata. Lulusan Program Studi S1 Teknik Informatika diharapkan mampu merancang perangkat lunak yang merupakan prototipe produk, perangkat lunak permainan, perangkat lunak yang ditanamkan pada perangkat portabel, perangkat lunak pemodelan dan simulasi objek-objek tiga dimensi, perangkat lunak multimedia atau perangkat lunak yang melakukan simulasi kecerdasan manusia dalam bidang pendidikan, pengolahan citra dan bidang-bidang lainnya.